Senin, 04 Juli 2011

Unik! Inilah Fase Perkembangan Payudara

Perubahan bentuk fisik yang paling menonjol dialami perempuan sesuai tingkat usianya adalah pada bentuk payudara.

Para wanita perlu mengetahui bahwa payudara tidak langsung berubah secara drastis, tapi melalui beberapa tahapan.

Perubahan yang terjadi pun berbeda-beda pada setiap orang, dan terjadi pada usia yang tidak sama persis karena tergantung pada kondisi fisik dan hormon di dalam tubuh kita.

Nah, seperti dilansir dari Livestrong, berikut beberapa fase perkembangan payudara mulai dari masa anak-anak hingga dewasa.

Fase anak

Anak perempuan dianggap sebagai fase pertama perkembangan payudara dari lahir sampai pubertas. Payudara pada anak-anak benar-benar datar. Puting susu adalah satu-satunya bagian yang menonjol keluar dari dada.

Fase payudara mulai menonjol

Kuncup tumbuh di bawah puting payudara dan kadang-kadang bisa terasa seperti benjolan. Kuncup ini membuat puting lebih menonjol dan membuat dada lebih berbentuk.

Puting susu juga bisa menjadi sedikit sakit. "Penonjolan payudara adalah tanda pertama pubertas untuk anak perempuan," jelas penulis dan pendidik seksualitas Debra Haffner, MPH.

Fase ini dapat dimulai sejak usia 7 hingga akhir usia 14 tahun, tapi ada pula remaja memulai fase perkembangan payudara saat berusia antara 8,5 hingga 11 tahun. Fase ini biasanya berlangsung 2-18 bulan.

Fase pertumbuhan payudara

Payudara mulai membengkak dan tumbuh selama Fase Tiga. Lingkaran yang lebih gelap dari kulit sekitar puting yang disebut disebut areola, semakin besar dan puting mungkin akan lebih besar juga. Fase ini biasanya membutuhkan waktu 2-24 bulan.

Fase puting mulai ‘membukit’

Puting dan areola menjadi lebih besar pada fase empat. Kathy McCoy, Ph.D. dan Charles Wibbelsman, MD menjelaskan, selama fase ini puting dan areola dapat terlihat seperti massa berbeda atau gundukan di atas payudara. Panjang fase keempat berkisar dari sekitar 8-24 bulan.

Fase dewasa
Dewasa adalah fase terakhir untuk perkembangan payudara. Puting dan areola menjadi reintegrasi menjadi bentuk dasar payudara dan payudara tumbuh ke ukuran dewasa, yang bervariasi antara wanita.

Dalam kisaran normal, anak perempuan biasanya menyelesaikan fase ini pada usia 16 tahun. Tetapi beberapa anak perempuan tidak menyelesaikannya sampai usia yang lebih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar